Sabtu, 07 September 2013

Mangaka Dan kehidupannya

Inilah yang di sebut Name
Siapa sih yang tidak mengenal mangaka? pasti setiap orang umumnya pencinta jejepangan pasti tahu tentang mangaka karena setiap komik pasti di sertakan dengan nama si mangaka.
di jepang mangaka sudah seperti artis, biasanya manga mengacu pada buku komik dan mangaka mengacu pada penulis manga.
Pada 2006, sekitar 3000 mangaka profesional yang bekerja di Jepang.Beberapa seniman dapat belajar di sebuah perguruan tinggi seni, sekolah manga, atau mengambil magang dengan mangaka lain, sebelum memasuki dunia manga sebagai seniman profesional.
Kehidupan mangaka bisa di bilang sangatlah sibuk bahkan makan saja, mereka lebih sering makan mie ketimbang makannan biasa. Karena hampir setiap mangaka selalu mengerjakan manga mereka di bawah deadline yang sangat singkat.
Seorang mangaka tidak bisa membuat sebuah komik tanpa 3 Hal, Pengerjaan naskah yang berupa Alur cerita, pembuatan Name (Sketsa kasar manga), dan Tahap akhir dimana Name di buat bentuk halusnya, namun itu semua tidak bisa di katakan mudah.
Saat seseorang akan menjadi Mangaka mereka harus pergi ke sebuah kantor penerbit manga, dan mereka akan di bimbing seorang editor yang akan mengarahkan bagaimana seorang mangaka bisa berkembang.



Salah satu Mangaka Terkenal Akira Toriyama
Pendapatan mangaka di bagi menjadi 2 yaitu Genkouryou dan Inzei  :

Genkouryou adalah penghasilan mangaka yang di bayar berdasarkan tiap halaman dari manga yang di buat biasanya para mangaka pemula akan menggambar 45 halaman dan perhalaman di hargai 9000 ¥
jadi jika di jumlah total pendapatan mangaka pemula adalah  405.000
¥.
namun jika terhitung sudah di anggap profesional dan mendapat akan menerima bonus perhalaman 3000 ¥  dan perhalaman di hitung menjadi jadi 16.000 ¥ dan mendapat 10 halam tambahan(berwarna) 
jadi (16.000 + 3000) x 55 = 1.045.000 ¥ dan bahkan bisa lebih dari itu, jika di jumlah ke rupiah pastinya hingga ratusan juta.

Inzei adalah Penghasilan mangaka yang di terima dari hasil penjualan komik sekitar 10% per komik
yang mengejutkan penghasilan ini pun tidak hanya di jepang namun di negara-negara yang menjual komik si mangaka tersebut.

namun biasanya bagi seorang mangaka apabila Manganya berhasil atau popular akan dibuat versi anime, game, merchandise, dsb.
Dan ini pun menjadi sebuah penghasilan bagi para mangaka dan seperti yang saya dengar manga seorang mangaka yang di upload juga mendapat royality yang sangat besar.

1 komentar: